03 Januari 2009

Apa sih file yang berbentuk IMAGE?

03 Januari 2009
Biasanya kita dapat file berjenis image ini dari hasil download dari internet atau dari majalah yang memberikan cd yang berisi file ISO. Selain ISO ada juga file image BIN,MDF/MDS, CCD, BWT, CDI, NRG dan lainnya. File image ini merupakan gabungan dari beberapa file yang dikumpulkan menjadi satu image .cara untuk mengextract dan memburning (bakar) file – file tersebut dapat menggunakan beberapa software seperti : Alcohol 120%, Daemon tool, Nero,IZArc, WinMount, UltraISO dan masih banyak software yang dapat mengextract dan burnig file – file tersebut,
Berikut akan saya bahas tentang file – file tersebut dan cara membukanya menggunakan beberapa software.

Jenis file IMAGE



• ISO
• BIN
• MDS / MDF (Media Descriptor File)
• ISZ (compressed ISO gambar)
• NRG (Nero)
• CCD (CloneCD)
• BWT (Blindwrite)
• CDI (Discjuggler)
• PDI (Instant CD / DVD)
• B5T (BlindWrite 5)
• Dan masih banyak jenis file seperti di atas



Membuka image

IZArc
IZArc memiliki dukungan file yang cukup banyak. Beberapa format kompresi yang didukung oleh aplikasi ini, antara lain 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BIN, BZ2, BZA, C2D, CDI, CAB, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, IMG, ISO, JAR, LHA, LIB, LZH, MBF, MDF, MIM, NRG, PAK, PDI, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, dan ZOO. Sedangkan untuk melakukan kompresi aplikasi ini hanya mampu membuat beberapa format saja, seperti ZIP, 7zip, bza, tar.bz2, cab, jar, lha, tar, tar.gz, dan yzi.
Untuk keamanannya, aplikasi ini 256-bits AES encryption. IZArc juga memiliki fitur menggabungkan dua buah kompresi yang berbeda. Satu lagi, fitur dari aplikasi ini adalah dukungannya terhadap CD/DVD image seperti ISO, BIN, MDF, NRG, IMG, C2D, PDI, serta CDI.
Aplikasi ini juga mendukung fungsi ‘drag & drop’, sehingga untuk melakukan kompresi file yang diinginkan pengguna cukup men-drag file yang diinginkan, kemudian tinggal men-drop-nya di dalam aplikasi ini.
Untuk kemampuan memperbaiki kompresi yang rusak, aplikasi ini memang dapat melakukannya, namun hasilnya akan tidak maksimal jika kompresi yang ingin diperbaiki mengalami kerusakan yang sangat parah. Biasanya hal ini terjadi ketika adanya file yang corrupt.
Download IZArc di sini.

WinMount
WinMount adalah cara yang ampuh jendela utilitas yang didedikasikan untuk mengelola arsip dan kompresi file gambar impressivesly dan conviniently. Hal ini dapat digunakan untuk me-mount Pos, rar, ISO, etc arsip sangat cepat, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan file di dalamnya langsung tanpa perlu extrak sebelumnya. Kenyamanan tersebut, karena itu, Anda akan menyimpan waktu dan ruang disk secara dramatis. Selain itu, WinMount, sebelumnya menjabat sebagai CD-ROM atau DVD-ROM emulator, mendukung hampir semua format file gambar, yang termasuk tetapi tidak terbatas pada ISO, memberi isyarat / BIN, CCD, BWT, MDS, CDI, NRG, PDI B5T dan ISZ .
WinMount mendukung Vista! WinMount mendukung Windows XP, Windows 2003, Windows 2000, Windows NT dan Vista!
WinMount telah didukung mount ZIP dan RAR

Download WinMount di sini.

Alcohol 120%
Cara Menggunakan Alcohol 120&

A. Untuk Membuat File Image

Alcohol 120% digunakan untuk membuat file image dari CD atau DVD.

1. Download terlebih dahulu Alcohol 120% dari sini:
http://trial.alcohol-soft.com/
Pilih yang versi 120% dan sesuaikan dengan sistem operasi kamu.

2. Install Alcoholnya, nanti akan minta restart. Setelah restart instalasi akan dilanjutkan.

3. Setelah selesai, buka Alcoholnya, klik menu View, Option, pilih virtual Drive dari sebelah kiri dan pastikan Number of Virtual Drive berisi angka 1 (atau berapapun asal jangan 0)

4. Alcohol kemudian akan membuatkan sebuah drive virtual baru, kamu bisa mengeceknya di Explorer, udah ada drive baru yang nambah.

5. Sekarang masukkan CD/DVD kamu, Buka Alcoholnya, dari menu sebelah kiri pilih Image Making Wizard. Klik Next dan tentukan tipe file yang diinginkan (bisa iso atau mdf, atau lainnya) dan juga tempat penyimpanannya.

6. Setelah selesai, kamu bisa memount virtual CD kamu tadi dengan cara mengklik kanan pada virtual Drive dan pilih menu mount. Browse ke tempat kamu nyimpen file tadi.

7. Mulai saat ini, Anda bisa menyimpan cd dan gunakan aja file imagenya.

B. Untuk Burning File Image.

1. Dari menu sebelah kiri, pilih Burning Image Wizard, lalu browse ke file image yang ingin kamu burning. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk dilayar.
Download Alcohol 120% di sini.


Berikut sekilas tentang IMAGE file serta sekilas tentang cara membuka dan memburning file tersebut

1 komentar:

RAKA mengatakan...

thanks bro